Bahtsul Masa’il 2 Pondok Pesantren Al-Amin Mojokerto


Alamin News - Pondok Pesantren Al-Amin Mojokerto menyelenggarakan kegiatan Bahtsul Masa’il pada 29 September 2021 di Masjid Al-Amin. Kegiatan ini bertujuan untuk menjawab berbagai macam problematika di masyarakat sesuai dengan ajaran Islam Ahlussunnah Wal Jama’ah An-Nahdliyah. Kegiatan ini juga merupakan manifestasi salah satu program kerja periode 2021/2022 Seksi Keagamaan OSIS MA-MTs Pesantren Al-Amin.

Drs. K.H. Muthohharun Afif, Lc. M.H.I sebagai mushohih, serta Ust. H. Muhammad Imaddudin, S.Pd.I, M.M., Ust. Ahmad Hanafi, S.Pd.I., dan Ust. Wajih Kifa’I, Lc., M.H.I. sebagai perumus masalah.

Bahtsul Masa’il dimulai dengan sambutan dari Drs. K.H. Muthohharun Afif, Lc. M.H.I. Selanjutnya, acara inti oleh Azzam Zhafir Ibrahim sebagai moderator Acara dan Zakaria Nasrul Jabbar selaku notulen. Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh santri Pondok Pesantren Al Amin. Selain  itu, beberapa tamu undangan turut memeriahkan acara. Terdapat lima kelompok delegasi dari perwakilan masing-masing angkatan yang sudah di sesuaikan oleh panitia kegiatan.

Setiap kelompok mendengarkan deskripsi masalah yang dijelaskan oleh moderator acara, dengan beberapa pertanyaan yang ditujukan kepada setiap delegasi. Masing-masing pertanyaan dijawab dengan menyertakan Ibaroh (dalil/bukti) yang diambil dari kitab-kitab Mu’tabarah An-Nahdliyah. Ibaroh dibacakan oleh perwakilan setiap delegasi sebagai jawaban dan ditegaskan ulang oleh moderator.

Jika terdapat perbedaan pendapat dari setiap delegasi, maka akan diserahkan kepada perumus masalah agar jelas. Kemudian, penarikan kesimpulan setiap masalah dilakukan oleh Mushohih yang nantinya akan ditashih (dikoreksi) terlebih dahulu dan dijelaskan kepada seluruh audience. Harapan kegiatan ini dapat bermanfaat untuk semua kalangan, baik santri maupun masyarakat.(nay humas/bachtiar j/imad)


Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar