Green House Sebagai Sarana Penghijauan Lingkungan Pesantren


Green House Sebagai Sarana Penghijauan Lingkungan Pesantren

                        Dilatarbelakangi minimnya penghijauan di Pondok Pesantren Al-Amin, santri seksi KAL (Kebudayaan Alam) mengadakan penghijauan di sekitar Green House. Jenis tanaman yang ditanam pun beragam, antara lain: sawi, cabai, kangkung, tomat, sawo, jambu air, jambu kristal, belimbing, sawi Pak Choi, dan Selada. Beberapa tanaman ini dipilih karena perawatannya mudah, praktis, dan cocok di lingkungan Ponpes Al-Amin.



Selanjutnya para santri Sie KAL diajari cara menanam dan merawat secara khusus oleh pihak Dinas yang diwakili oleh Pak Edy dan Istrinya. Ketekunan para santri KAL pada akhirnya menjadikan mereka mengetahui proses penanaman dan perawatan tanaman dengan baik. Harapannya, pengetahuan yang didapatkan ini bisa ditularkan kepada santri lainnya.


Penanaman ini dimulai di awal Oktober. Dalam pelaksanaannya, para santri KAL tentu tidak sendiri. Dengan beranggotakan Santri Sie KAL dan Tim Khusus, bibit-bibit diperoleh dengan membeli melalui orang pilihan dengan menggunakan beberapa media khusus seperti sekam, pupuk, tanah, dan arang. Tanaman kemudian disiram, diganti pupuk, dikontrol dan dicek setiap sore agar tanaman menjadi cepat subur. Metode ini dirasa cukup efektif dan membuahkan hasil yang maksimal.


Hasilnya nanti akan diberikan kepada para ustad-ustadzah sebagai bentuk tawadhu’ kepada guru. Sisanya akan dinikmati oleh para santri sendiri. Saat ini Green House menjadi media menyegarkan mata dan membuat sejuk suasana

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar