PEMBAGIAN RAPOR DAN SOSIALISASI E-SIM MADRASAH PESANTEN AL-AMIN

Dewan Pengasuh dan Asatidz Pondok Pesantren Al-Amin

Sabtu tanggal 13 Oktober 2018, Pondok Pesantren Al-Amin melangsungkan acara pembagian rapor ujian tengah semester, yang bertempat di Aula Pondok Pesantren Al-Amin. Acara tersebut dihadiri oleh wali santri kelas 7 sampai kelas 12 serta, tentunya, asatidz-ustadzat Ponpes Al-Amin dimulai dari Dewan Pengasuh, Kepala Madrasah Tsanawiyah (MTs), Kepala Madrasah Aliyah (MA), Kepala  Pondok, serta asatidz yang lain. Selain pembagian rapor, kali ini, Pondok Pesantren Al-Amin juga mengadakan sosialisasi E-SIM (Elektronik-Sistem Informasi Manajemen).
Ustadz Yasir Lana memandu serangkaian acara tersebut. Rangkaian acara ini diawali dengan pembacaan istighosah yang dipimpin oleh ustadz Mas’ud, dan dilanjutkan dengan pembacaan ayat-ayat suci Alquran oleh saudara Febrio Haris dan Ahmad Roihan (santri kelas IX).  Seusai  pembacaan ayat-ayat suci al-qur’an, acara pun berlanjut ke dalam acara sosalisasi progam E-SIM yang disampaikan oleh Ust. Imaduddin. 
Gambar 1. Walisantri memadati gedung Aula Pondok Pesantren Al-Amin
Gambar 2. Santri MTs Pesantren Al-Amin melantunkan ayat-ayat suci Alquran
            Dalam penyampaiannya, ustadz Imaduddin menjelaskan tentang apa itu E-SIM serta tata cara penggunaannya. Program ini merupakan terobosan dari Madrasah Aliyah dan Tsanawiyah Pesantren Al-Amin untuk meningkatkan pelayanan kepada walisantri. E-SIM akan segera diberlakukan di Madrasah Pesantren Al-Amin mulai tahun ini. E-SIM berfungsi, antara lain untuk menampilkan data absensi, data kegiatan, data pelanggaran, dan berbagai data lain yang berhubungan dengan perkembangan santri dan madrasah secara real time kepada setiap walisantri. Sehingga, walisantri dapat mengetahui berbagai hal yang telah dilakukan oleh anak mereka melalui aplikasi berbasis android ini. Dukungan serta tanggapan positif cukup banyak mengalir dari walisantri putra maupun putri.
Gambar 3. Ust. Imaduddin menjelaskan tentang E-SIM Madrasah Pesantren Al-Amin
            Acara pun dilanjutkan dengan sambutan-sambutan yang disampaikan oleh tiga tokoh Al-Amin. Sambutan diawali oleh ustadz Ali Fahrudin selaku aggota Dewan Pengasuh Pondok Pesantren Al-Amin. Beliau menyampaikan beberapa patah kata di antaranya tentang perubahan struktur  baru kepengurusan Al-Amin. Sambutan yang kedua disampaikan oleh ustadz Saiful Huda selaku kepala MTs Pesantren Al-Amin, beliau menyampaikan beberapa pemberitahuan mengenai registrasi pembayaran. Sambutan yang terakhir disampaikan oleh ustadz Ahmad Hanafi selaku Nadzir Ponpes Al-Amin, dalam penyampaiannya, beliau menyampaikan beberapa hal tentang kegiatan pesantren yang meliputi qiyamul lail, ditiadakan-nya jatah pulang, pelanggaran santri, pengajian kitab kuning sehabis sholat dzuhur, serta lain-lain. Acara ini pun diakhiri dengan doa yang dipimpin langsung oleh K.H. Muthoharun afif.
            Selanjutnya, pembagian rapor dilaksanakan setelah acara di Aula selesai. Para walisantri madrasah tsanawiyah melakukan pengambilan rapor pada pukul 09.30 WIB, sedangkan para walisantri madrasah aliyah mengambil rapor pada pukul 11.30 WIB.

Penulis: Yonanda Dimas Herdianto, Elyas Febrian Prayogi (Santri angkatan 17)

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar