AL AMIN IKUTI PERKEMAHAN BUDAYA DI TROWULAN


MOJOKERTO- Balai Cagar Budaya Jawa Timur mengadakan acara perkemahan yang berlangsung pada tanggal 14-16 September 2018, bertempat di Museum Majapahit kec.Trowulan kab.Mojokerto. Acara ini dinamakan dengan Kemah Budaya Mojopahit 2018.
      Perkemahan ini diadakan agar para penerus bangsa dapat melestarikan kebudayaan di Mojokerto sehingga budaya yang ada tidak pudar sampai anak cucu kita nanti. Para panitia pun juga berharap setelah diadakannya perkemahan budaya ini para penegak dan pendekar dapat melestarikan kebudayaan di Mojokerto agar tidak punah. Dalam perkemahan ini, peserta yang mengikuti perkemahan ini berasal dari SMA, SMK swasta maupun negeri dari seluruh penjuru Mojokerto.
   Al Amin pun ikut berpartisipasi dalam perkemahan budaya tersebut. Tidak semua santri berpartisipasi dalam kegiatan pramuka ini. Jauh sebelum perkemahan dimulai, para santri yang terpilih, melakukan latihan setiap hari. Siang dan malam mereka berlatih tak kenal lelah. Namun hal itu terbayar dengan kemenangan yang berhasil diraih oleh Al Amin. Dari 10 lomba yang telah diadakan, para santri Al-Amin berhasil 6 piala, sehingga menjadikan mereka juara 1 umum dalam acara Kemah Budaya Mojopahit 2018 ini.




Gambar 1. Pembuatan pionering oleh santri putri

Gambar 2. Pembuatan pionering oleh santri putra

Gambar 3. Pembacaan puisi oleh santri putra

Gambar 4. Santri Al-Amin berhasil meraih Juara 1 Umum

Menurut Eka Dewi, selaku ketua panitia pelaksana perkemahan budaya 2018 ini, manfaat dari perkemahan kali ini adalah peserta dapat menambah wawasan tentang warisan kebudayaan Mojokerto sehingga para peserta bisa melestarikan budaya di Mojokerto agar tidak punahMenurutnya, masyarakat sekitar juga sangat mendukung kegiatan ini karena kegiatan ini banyak memberikan manfaat. Tidak hanya untuk peserta, tapi juga untuk masyarakat sekitar dan situs yang berada di sekitar area perkemahan. Menurut Ana, salah satu peserta dari santri Al Amin, perkemahan ini lebih bagus daripada perkemahan yang sebelumnya, serta lomba yang diadakan sangat menyenangkan walaupun terkesan sulit. Meski begitu, peserta melaksanakan seluruh kegiatan lomba maupun non lomba dengan antusias.

Oleh: Anita, Ersandra, Rosa

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar